Rabu, 08 Maret 2017

Kerjasama dengan TKPSDA WS Citanduy

Kerjasama dengan TKPSDA WS Citanduy
Keberadaan Komunitas Peduli Sungai Galuh Ciamis tentu saja tidak terlepas dengan kerjasama instansi pemerintah, baik daerah maupun nasional, agar komunitas bisa berperan lebih proaktif menyampaikan aspirasinya.

Kali ini kerjasama dengan TKPSDA Wilayah Sungai (WS) Citanduy, yang mengundang kami pada kegiatan Sidang Komisi Konservasi yang diadakan di Hotel Tyara Ciamis tanggal 8 Maret 2017. Kami diminta bantuan mengenai keadaan sungai yang berkaitan dengan sungai DAS Citanduy yang ada di Kabupaten Ciamis.

Tentu saja ini merupakan hal yang sangat menarik, karena kami dapat menyampaikan aspirasi kami, terutama mengenai kondisi sungai di sekitar kami yang sangat memerlukan penanganan yang sifatnya segera.

Untuk kegiatan ini kami mengambil fokus pada sungai Cileueur, dengan pertimbangan karena selain dekat dengan keberadaan kami, sungai cileueur yang memiliki panjang dari hulu ke hilir sepanjang 27 kilometer ini, juga satu-satunya sungai yang masuk Subdas Citanduy hulu yang melewati jantung kota Ciamis, tepat di belakang Kantor Bupati Ciamis.

Selain memberikan masukan data mengenai titik-titik rawan di sungai Cileueur yang memerlukan penangan sesegera mungkin karena dianggap dapat mengancam keselamatan baik jiwa maupun materi masyarakat, kami juga mempersiapkan lokasi titik-titik tersebut untuk dikunjungi oleh tim dari Komisi Konservasi TKPSDA WS Citanduy, untuk dievaluasi dan diberikan usulan penanganannya. Untuk itu dibuatlah Peta Konservasi Sungai Cileueur yang menurut kami perlu diadakan penanganan secepat mungkin.


Peta Konservasi S. Cileueur


Kerjasama ini merupakan suatu pengalaman yang sangat berharga bagi kami, apalagi TKPSDA WS Citanduy merupakan salah satu lembaga yang berada di naungan KemenPUPR Republik Indonesia, tentu ini merupakan sebuah kebanggaan bagi kami bisa bekerjasama dengan mereka, selain kami bisa menyampaikan aspirasi yang menurut kami sangat perlu ditindaklanjuti.

Kami berharap agar tim komunitas kami terus semangat melakukan kegiatan dalam upaya untuk mewujudkan, menjaga dan memelihara sungai yang baik dan sehat agar lebih bermanfaat bai masyarakat di sekitarnya, serta menjalankan manajemen dan pemeliharaan sungai sesuai peraturan yang ada bisa dilaksanakan dengan baik.

Semoga ke depan kerja sama ini bisa terus berlanjut dan terus ditingkatkan, kami pun berharap kerjasama dengan pihak-pihak terkait dapat terus ditingkatkan, baik instansi pemerintah maupun swasta dan kelompok lainnya. untuk lebih meningkatkan sinergitas komunitas dan peranan keberadaan kami di masyarakat. Aamiin YRA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar, saran, masukkan dan atau kritik yang sifatnya membangun untuk dapat kami perbaiki di masa yang akan datang.
Terimakasih atas komentar anda.