Minggu, 26 Maret 2017

Permasalahan dan Usulan di Sungai Cileueur

Sungai Cileueur merupakan salah satu anak sungai pada Subdas Citanduy hulu yang berada di wilayah administrasi Kabupaten Ciamis Provinsi Jawa Barat.

Sungai yang memiliki panjang 27 kilometer ini melalui jantung kota Ciamis sebagai ibukota Kabupaten Ciamis, tepat di belakang Kantor Bupati Kabupaten Ciamis.

Seperti halnya sungai-sungai di Pulau Jawa, sungai Cileueur juga memiliki segudang permasalahan sehingga sangat dirasakan oleh masyarakat Ciamis. Dianta bebeapa permasalahan yang ada di sungai Cileueur, permasalahan intinya adalah debit air, di mana debit air sungai Cileueur berkurang drastis saat kemarau beberapa minggu saja, sehingga aliran air sungai Cileueur lebih menyerupai aliran selokan.

Berdasarkan pemantauan lapangan oleh Forum Komunitas Peduli Sungai Galuh Ciamis, ditemukan beberapa inti pemasalahan yang ada di sungai Cileueur. Dari permasalahan-permasalahan yang ada kemudian dikaji dan dibuat usulan-usulan untuk memperbaiki sungai Cileueur.

Jika anda tertarik untuk mengetahui kajian mengenai Permasalahan dan Usulan di Sungai Cileueur, kami sudah buatkan dokumennya untuk didownload sehingga bisa dibaca dan dipelajari lebih luang. Silahkan download pada link di bawah ini :

Download :

Namun tentu saja kami bukan profesional di bidang sungai, hanya komunitas yang merasa terpanggil untuk peduli terhadap sungai yang ada di sekitar lingkungan kami, oleh karena itu pasti kajian kami sangat jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran yang sifatnya membangun sangat kami harapkan agar kami bisa lebih memahaminya.

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar, saran, masukkan dan atau kritik yang sifatnya membangun untuk dapat kami perbaiki di masa yang akan datang.
Terimakasih atas komentar anda.