Senin, 27 Maret 2017

Memperingati Hari Air Sedunia 2017

Memperingati Hari Air Sedunia 2017
Peringatan Hari Air Sedunia (World Water Day) pada setiap tanggal 22 Maret sudah ditetapkan oleh Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) sejak tahun 1994 silam. Di Indonesia sendiri sudah banyak kegiatan yang diadakan untuk menyambut hari air sedunia dengan berbagai kegiatan positif mengenai air.

Tak ketinggalan kami Komunitas Peduli Sungai Galuh Ciamis, selaku organisasi yang berhubungan dengan air turut memeriahkan peringatan hari air sedunia tahun 2017 dengan beberapa kegiatan yang berhubungan dengan konservasi air, sungai dan lingkungan.

Komunitas Peduli Sungai Galuh Ciamis menyelenggarakan 2 bentuk kegiatan, yaitu Kampanye Sungai dan Air Sehat yang diselenggarakan pada hari Rabu tanggal 22 Maret 2017 (bertepatan dengan hari air sedunia) dan Gerakan Sungai Bersih yang diselenggarakan pada Hari Minggu tanggal 26 Maret 2017.

Kampanye Sungai dan Air Sehat

Kegiatan ini diselenggarakan pada hari Rabu tanggal 22 Maret 2017 bertepatan dengan hari sedunia, bentuk dari kegiatan kampanye berupa sosialisasi kepada semua pihak mengenai pentingnya menjaga kualitas air, kebersihan sungai dan lingkungan, serta menjaga sungai dan lingkungannya.

Kampanye Sungai dan Air Sehat

Sosialisasi dilakukan menggunakan media spanduk dan poster yang diarak oleh peserta kampanye mulai dari jalan Siliwangi, jalan RE. Martadinata, Alun-alun Ciamis (depan gedung Bupati dan gedung DPRD Kabupaten Ciamis), jalan Ir.H.Juanda dan jalan Sudirman, berakhir kembali di jalan Siliwangi.

Selain sosialisasi juga diadakan aksi di Alun-alun Ciamis (tepat di depan gedung Bupati dan gedung DPRD Kabupaten Ciamis) yang bertujuan untuk menggugah perhatian masyarakat agar lebih peduli terhadap air, sungai dan lingkungannya.

Dalam kegiatan ini Komunitas Peduli Sungai Galuh Ciamis bekerjasama dengan PDAM Tirta Galuh sebagai salah satu Badan Usaha Milik Daerah yang berhubungan langsung dengan pengelolaan dan pendistribusian air di Kabupaten Ciamis.

Kegiatan ini juga banyak oleh beberapa media, baik media cetak maupun media online seperti Radar Tasikmalaya, Warta Priangan, Buletin Indonesia dan Baca Berita (BaBe Online).

Gerakan Sungai Bersih

Kegiatan yang diselenggarakan pada hari Minggu tanggal 26 Maret 2017 ini merupakan realisasi dari rasa kepedulian kami terhadap sungai dan air, bentuk kegiatan ini berupa pengambilan sampah yang berserakan di aliran Sungai Cileueur serta pemasangan poster yang bertemakan Sungai dan Air Bersih.

Gerakan Sungai Bersih

Gerakan pemungutan sampah di Sungai Cileueur dimulai dari Sungai Cileueur di Jembatan Tonjong (jalan Siliwangi) bergerak ke timur, melalui belakang gedung Bupati Ciamis dan berakhir di Jembatan Maleber (jalan RE.Martadinata). Sampah-sampah yang diambil dimasukkan ke dalam karung yang kemudian dikumpulkan di beberapa tempat pembuangan sampah sementara.

Gerakan Sungai Bersih ini menjadi agenda kegiatan bulanan Komunitas Peduli Sungai Galuh Ciamis yang diadakan sebulan sekali dengan lokasi menyesuaikan dengan kondisi yang ada. Dengan adanya gerakan ini diharapkan masyarakat ikut merasa peduli dengan sungai, air dan lingkungan sekitarnya dengan tidak menganggap sungai sebagai tempat sampah, tidak membuang sampah dan limbah ke sungai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar, saran, masukkan dan atau kritik yang sifatnya membangun untuk dapat kami perbaiki di masa yang akan datang.
Terimakasih atas komentar anda.