Sabtu, 11 Maret 2017

Pengaruh Hutan Pinus Terhadap Persediaan Air

Pengaruh Hutan Pinus Terhadap Persediaan Air
Salam Lestari !! Beberapa waktu lalu saat tim Komunitas Peduli Lingkungan Galuh Ciamis melakukan perjalanan untuk mengetahui kondisi hulu sungai Cileueur, kami mencoba mengetahui pendapat masyarakat tentang debit air sungai.

Yang menarik adalah ketika kami bertanya "Sejak kapan merasakan air sungai berkurang ?", lebih dari separuh yang ditanya menjawab : "Sejak adanya hutan pinus". Jawaban mereka yang tentunya bisa dikatakan awam karena tidak didasari oleh pengetahuan yang cukup, tetapi justru membuat saya tertarik untuk lebih mengetahui benar atau tidaknya alasan tersebut.

Pinus memang kayu primadona nomor 2 untuk ditanam di hutan produksi selain jati nomor 1, sehingga sangat mudah dan banyak ditemukan hutan pinus di berbagai daerah di Indonesia, namun apakah benar bahwa pohon pinus itu berpengaruh jelek pada resapan air seperti kata masyarakat yang pernah saya tanya ?? mari kita cari jawabannya..

Dari pencarian google saya menemukan sebuah artikel yang tepat saya cari, tidak terlalu panjang tulisannya hanya 40-an halaman, tetapi merupakan rangkuman para pakar kehutanan dari beberapa perguruan tinggi terkemuka di Indonesia, tentunya mereka sangat profesional karena ditunjang oleh pendidikan dan penelitian yang memadai, apalagi disajikan statistik hasil penelitian agar lebih hasil penelitiannya lebih logis dan lebih akurat dalam mengambil kesimpulan.

Walaupun memang artikel tersebut merupakan hasil riset para ahli yang profesional namun masih ada keraguan di hati, karena ada beberapa penelitian yang diadakan dan atau didanai oleh perusahaan nasional yang berkepentingan terhadap hasil hutan, mungkin ini cuma husnudzon saya, mudah-mudahan mereka benar-benar profesional tanpa ada kepentingan apapun selain hanya untuk ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi kehidupan kita semua.

Artikel tersebut disimpan di sebuah situs yang khusus memuat tentang karya-karya tulis dari mana saja dan siapa saja, tak peduli awam atau profesional, untuk mendownload artikel tersebut harus berlangganan dan berbayar, memang ada promosi gratis 1 bulan, tetapi tetap saja buat saya itu susah karena harus memiliki vcc (3 nomor terakhir pada kartu kredit). Perlu sedikit trik untuk dapat mendownload secara gratis.

Jika anda berminat mengetahui bagaimana "Pengaruh Hutan Pinus Terhadap Persediaan Air ?", saya akan bagikan artikel tersebut secara gratis di sini, mohon maaf buat para pakar yang sudah mengarang artikel tersebut jika saya tidak minta izin sebelumnya, tujuan saya hanya agar kita semua bisa mengetahui dan memahaminya untuk kebaikan kita semua.

Silahkan download artikel : Hutan Pinus dan Hasil Air.pdf

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar, saran, masukkan dan atau kritik yang sifatnya membangun untuk dapat kami perbaiki di masa yang akan datang.
Terimakasih atas komentar anda.