Rabu, 01 Maret 2017

Sebuah Harapan untuk Sungai

Sebuah Harapan untuk Sungai
Sungai adalah pusat mata air. Sungai adalah sumber kehidupan. Banyak peradaban manusia yang dimulai dari sekitar aliran sungai, karena hidup manusia tidak bisa sedikitpun terlepas dari kebutuhan air.

Saat ini peradaban manusia modern sudah banyak merusak lingkungan, salahsatunya adalah sungai. Bisa kita lihat sungai-sungai di Indonesia yang kondisinya sudah rusak parah dan dapat mengancam kesehatan dan keselamatan masyarakat di sekitarnya.

Kekurangan air karena penurunan debit air di musim kemarau, banjir dan longsor yang mengancam keselamatan jiwa dan harta, sedimentasi, polusi air karena limbah, dsb merupakan pengrusakan sungai karena ulah manusia.

Pengrusakan hutan, alih fungsi serta pengolahan dan pengelolaan lahan, limbah industri atau pabrik, limbah rumah tangga, bangunan dan pertanian di bantaran sungai, sungai sebagai tempat membuang sampah, dsb. adalah perilaku manusia yang menyebabkan rusaknya sungai-sungai kita.

Tentu saja kita tidak mengharapkan sungai kita menjadi rusak, kering, kotor, bau bahkan tercemar mengandung mineral berbahaya, seperti kebanyakan sungai-sungai di kota besar, bahkan mengancam keselamatan jiwa dan harta masyarakat di sekitarnya. Bukan tidak mungkin semua itu bisa saja terjadi jika kita hanya berpangku tangan, membiarkan segala pengrusakan terhadap sungai kita.

Mulai saat ini marilah kita lebih arif dan bijaksana, dengan menjadikan sungai yang bersih sebagai tempat yang bisa dinikmati, rekreasi, olahraga, seni budaya, transportasi dan aktivitas-aktivitas lainnya yang bisa dilakukan di sungai.

Mari kita lestarikan sungai sebagai bagian dari lingkungan kita agar kita merasa aman dan nyaman dengan keberadaan sungai di sekitar kita, dengan menjaga dan memelihara lingkungan dan ekosistem yang berada di sekitar sungai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar, saran, masukkan dan atau kritik yang sifatnya membangun untuk dapat kami perbaiki di masa yang akan datang.
Terimakasih atas komentar anda.